Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 18 Desember 2007, yan[at]daunsalam[dot]net

Zork, Dosbox, dan Stardict

Apa hubungan ketiga program di atas ? Zork adalah game petualangan berbasis teks. Kita hanya disuguhi layar yang berisi teks. Perintah diketik melalui keyboard, kemudian ada respon, berupa kalimat yang disajikan di layar. Semua penggambaran hanya melalui cerita. Mungkin untuk ukuran zaman sekarang yang dibanjiri permainan dengan grafis yang bagus lengkap dengan efek serta suara yang menggelegar, game seperti ini terlihat kuno dan antik :)

Dibuat dalam tiga seri, yaitu

  * Zork I   : The Great Underground Empire (1980, Infocom)
  * Zork II  : The Wizard of Frobozz (1981, Infocom)
  * Zork III : The Dungeon Master (1982, Infocom)

game ini sekarang sudah gratis dan dapat didownload dari internet. Bagi yang memiliki sistem operasi DOS, maka dapat langsung memainkan game tersebut. Untuk pemakai sistem operasi Linux, tentu saja tetap bisa menikmati petualangan dan teka-teki yang cukup rumit dalam mainan primitif ini. Gunakan saja emulator Dosbox.

Dengan emulator Dosbox, kita memiliki sebuah sistem operasi DOS, yang berjalan dalam Linux. Sebagian besar program yang dibuat untuk DOS dapat berjalan dengan baik dalam emulator ini. Yang pernah mencicipi Turbo Pascal 5.5 atau Turbo C 2.0 tentu bisa bernostalgia. Kedua IDE ini juga sudah disediakan gratis oleh Borland.

Kembali ke Zork, petualangan berbasis teks ini menggunakan bahasa Inggris. Bisa saja ada kata/kalimat yang bikin bingung karena tidak mengerti artinya, terutama bagi saya yang tidak fasih dengan bahasa seberang ini. Hal ini bisa menjadi halangan dalam melanjutkan permainan. Lalu dengan bantuan Stardict masalah di atas bisa diatasi.

Stardict adalah program yang berguna sebagai kamus. Bisa menjadi kamus satu bahasa ke bahasa lain, atau kamus untuk istilah tertentu, atau menjadi kamus apa saja. Pada Stardict antara program dan data kamus dipisahkan. Agar program Stardict berfungsi, maka kita perlu memiliki juga data kamus, yang bisa didownload dari internet. Ada banyak kamus yang tersedia. Untuk melengkapi program stardict, tersedia stardict tool yang berfungsi untuk membuat data kamus. Misalnya belum tersedia kamus bahasa Sunda - Rusia, maka yang berminat dapat membuat data kamus, lalu dengan bantuan stardict tool, dihasilkan data kamus yang bisa digunakan oleh program stardict. Setelah selesai, sediakan data kamus tersebut dengan gratis, agar amal Anda bertambah :)

Masih berkait dengan stardict, ada satu lagi program yang sama, dengan nama sdcv. sdcv adalah versi command line untuk stardict. Tidak diperlukan mode grafis seperti halnya stardict untuk menggunakan sdcv. Dengan beberapa baris script, misalnya dengan perl atau php, bisa dibuat front-end berbasis web untuk sdcv ini. Tentu akan sangat berguna jika dipakai di intranet atau internet.

Demikian saja, karena hubungan ketiga program di atas sudah jelas menurut saya.