Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 18 September 2008, yan[at]daunsalam[dot]net

Membuat Teks Melingkar dengan Scribus

Ternyata mertua ada hubungannya juga dengan Scribus. Suatu hari di bulan puasa ini, mertua minta tolong untuk memperbaiki kop surat jamaah pengajian. Kebetulan beliau adalah sekretaris dalam perkumpulan tersebut. Permintaannya sederhana, ada penambahan satu kata saja. Kalau itu sih mudah fikir saya. Namun ternyata ada konsekuensi lain yang tidak disangka. Dengan menambah satu kata, artinya juga harus merubah logo. Dan logo yang juga digunakan untuk stempel tersebut tidak ada "softcopy"nya. Yaah, harus dibuat lagi. Padahal logo tersebut melingkar-lingkar dan bersegi-segi yang membuat sakit kepala :-)

Timbang sana-sini, akhirnya saya putuskan membuat ulang logo tersebut. Dalam logo itu ada kata yang disusun melingkar. Lha, itu bikinnya pakai apa ya? Kebetulan ada program Scribus dalam komputer, saya coba saja, siapa tahu bisa. Karena sebelum ini jarang sekali pakai program ini. Setelah melalui usaha yang memeras fikiran dan keringat, akhirnya berhasil juga. Padahal orang lain yang sudah tahu, tentu saja bisa mentertawakan saya, bahwa membuat teks melingkar itu sangat mudah. Ah, biar saja. Sekarang saya mau cerita bagaimana cara membuatnya.

Langkah pertama, buat sebuah lingkaran melalui tombol insert shape yang ada pada toolbar. Shape yang dipilih adalah lingkaran. Setelah dibuat lingkaran tersebut, klik kanan pada lingkaran, lalu pilih menu Convert to ... Bezier curve
Berarti sekarang lingkaran tersebut berupa sebuah kurva bezier.

Langkah berikutnya, tulis teks yang akan dibuat melingkar menggunakan tombol Insert Text Frame yang ada pada toolbar. Buat teks ini di dekat lingkaran tadi, jangan berhimpitan dengan lingkaran. Setelah itu, select kedua object yang sudah dibuat, yaitu lingkaran dan teks. Jika dalam halaman yang dibuat ini hanya ada dua object yang dibuat tersebut, maka bisa juga menggunakan tombol ctrl-a (select all) untuk melakukan select terhadap kedua object. Setelah itu klik pada menu Item dan pilih Attach Text to Path. Jika langkah dilakukan dengan benar, maka sekarang teks yang dibuat sudah tersusun melingkar pada lingkaran yang dibuat pertama.

Selanjutnya, teks bisa diedit, atau ukuran bisa disesuaikan, atau dirotasi sesuai keperluan, dengan menggunakan konteks menu pada object tersebut, menggunakan klik kanan tombol mouse pada object. Bukan hanya lingkaran, dengan membuat kurva tertentu melalui insert bezier curve, bisa dibuat "path" yang aneh-aneh untuk menempatkan teks dengan jalur yang sesuai bentuk kurva bezier tersebut. Sebagai contoh, silahkan lihat gambar berikut ini, dan selamat mencoba.