Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 20 Februari 2007, yan[at]daunsalam[dot]net

Kompilasi Gnumeric pada Slackware 11

Pada Slackware 11, software Gnumeric tidak lagi disertakan dalam CD resmi distro tersebut. Entah apapun penyebabnya, hal itu tidak dibicarakan di sini. Jika kita memerlukan software ini, maka bisa dengan cara mendownload dari internet dalam bentuk paket binary, atau jika cukup punya waktu dan sedikit keberanian, tentu bisa dengan cara kompilasi dari source code.

Saya melakukan kompilasi dari source code, dan ternyata memang menghabiskan cukup banyak waktu, dan untuk melengkapi berbagai dependensi juga cukup melelahkan. Gnumeric yang digunakan adalah versi 1.6.3 dan ketika kompilasi tidak menyertakan integrasi dengan Gnome.

Dari situs Gnumeric sudah dituliskan library yang diperlukan untuk software ini. Dalam proses kompilasi ini library yang digunakan adalah :

- glib              2.10.3 (sudah ada dalam paket slackware 11)
- gtk+              2.8.20 (sudah ada dalam paket slackware 11)
- pango             1.12.4 (sudah ada dalam paket slackware 11)
- libgnomeprint     2.12.1 (download dari situs gnome)
- libgnomeprintui   2.12.1 (download dari situs gnome)
- libgsf 	    1.13.2 (download dari situs gnome)
- GOffice 	    1.14.3 (download dari situs gnome)
- libglade 	    2.5.1  (sudah ada dalam paket slackware 11)
- intltool 	    0.34.2 (download dari situs gnome)
- gnome-xml 	    2.5.11 (download dari situs gnome)
- libart 	    2.3.17 (sudah ada dalam paket slackware 11)

Itu adalah library yang disebutkan agar bisa melakukan kompilasi source code Gnumeric. Namun, ada beberapa library lagi yang diperlukan karena dibutuhkan oleh sebagian library di atas. Untuk selngkapnya, diperlukan library berikut :

- libgnomecups          0.2.2   (dari situs gnome)
- libgnomecanvas        2.14.0  (dari situs gnome)
- gnome-icon-themes     2.17.91 (dari situs gnome)
- icon-naming-utils     0.8.2   (dari freedesktop.org)
- Modul Perl XML Simple 2.16    (dari situs CPAN)

Sebelum melakukan kompilasi Gnumeric, maka semua library yang diperlukan sudah harus diinstal dengan baik. Apabila semua library yang diperlukan tersebut dikompilasi dari source code juga, jangan lupa menjalankan ldconfig. Konfigurasi sebelum kompilasi, yaitu dengan menjalankan ./configure menggunakan opsi --without-gnome karena Gnumeric tidak diintegrasikan dengan Gnome. Setelah selesai make, dan make install, maka jalankan gnumeric sambil berdoa bahwa semuanya akan berjalan dengan baik :)