Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 3 Maret 2008, yan[at]daunsalam[dot]net

Mengunjungi Dunia Gopher

Gopher merupakan salah satu teknologi di ranah internet. Ketika website belum begitu berkuasa, gopher adalah salah satu tempat bermain yang menarik untuk dikunjungi. Dan sekarang, saat web 2.0 sudah menjadi barang dagangan yang sexy, dan web 3.0 sudah mulai dibisikkan di berbagai diskusi teknologi, apakah masih ada sisa bangunan gopher hidup di internet?

Ternyata romantisme sejarah itu masih berdetak. Mungkin saja orang yang mengunjungi gopher hari ini, sama antiknya dengan teknologi tersebut :-) Masih ada berbagai dokumen bisa ditemukan di sejumlah server gopher. Bukan hanya file yang sudah berumur puluhan tahun, data-data baru juga tersedia.

Tampilan yang seragam di semua server gopher, mungkin akan membuat bosan, atau malah membangkitkan gairah masa lalu? Untuk menemukan sebuah file, prosesnya seperti melakukan penelusuran terhadap struktur direktori dalam sebuah harddisk. Untung saja tersedia mesin pencari untuk gopher, salah satunya Veronica. Menemukan file bisa menjadi mudah.

Tak perlu mencari software yang spesial agar bisa mengakses gopher. Mozilla Firefox, Lynx, dan cURL masih mempertahankan keberadaan protokol ini. Beberapa webbrowser lain mungkin sudah melupakannya. Nah, masih ingin melihat-lihat ke sana? Alamat ini gopher://gopher.floodgap.com/ bisa menjadi titik awal masuk ke dunia yang tersingkirkan itu.