Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 4 Desember 2006, yan[at]daunsalam[dot]net

Menu Transparan pada Fluxbox

Jika anda menggunakan window manager fluxbox pada Linux, ada konfigurasi untuk membuat menu jadi transparan. Untuk mengatur tingkat transparan bisa melalui fluxbox menu -> configure -> transparency. Nilai yang disediakan untuk alpha berkisar dari 0 sampai 255. Nilai 0 berarti transparan 100%, sedangkan 255 tidak transparan sama sekali. Nilai 160 cukup baik untuk dicoba sebagai permulaan.

Setelah hal di atas dilakukan, reload konfigurasi fluxbox, maka menu akan menjadi transparan. Namun tidak selalu hal ini cukup untuk menghasilkan menu yang transparan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berhasil.

Setelah hal di atas ada, maka untuk menampilkan wallpaper dilakukan dengan perintah fbsetbg -f /path/ke/file/gambar Atur nilai alpha pada konfigurasi transparency fluxbox, dan load lagi konfigurasi fluxbox. Semoga menu yang tampil sekarang sudah transparan.