Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 8 Desember 2005, yan[at]daunsalam[dot]net

Si Rubah Api

Ada rekan yang bertanya. Apa webbrowser yang paling bagus? Sangat jelas jawabnya bisa memicu peperangan yang "berdarah-darah" antar masing-masing pendukung fanatik sebuah merek. Misalnya seperti pendukung partai I dan partai F. Ditambah pemuja setia aliran O. Itu inisial apa? Ya, anda cari tahu sajalah sendiri.

Diluar kemelut yang bisa timbul akibat pertanyaan semula, saya hanya mau berbagi cerita tentang webbrowser yang menjadi andalan saya untuk mengunjungi berbagai situs di internet. Baik situs yang "baik-baik", ataupun situs yang "sangat baik". Firefox memang menjadi pilihan yang menarik, sejak webbrowser itu dirilis oleh yayasan Mozilla.

Ketika pertama kali diinstal, maka firefox hanya memiliki fitur standar. Namun, dengan kemampuan untuk ditambahkan fungsi tambahan yang disebut dengan extension, webbrowser ini bisa menjadi sangat kaya fitur. Dan inilah bagian yang cukup menguntungkan dari firefox. Kita bisa menemukan ratusan ekstensi di situs addons.mozilla.org. Dan sebagian ekstensi ini berukuran cukup kecil, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk menambahkan fungsi baru pada firefox.

Cerita selanjutnya adalah beberapa ekstensi yang menjadi pilihan untuk saya tambahkan pada webbrowser ini. Yang pertama adalah adblock. Iklan yang sering muncul tanpa diduga ketika mengunjungi situs, agak kurang menarik bagi saya. Dengan menggunakan adblock, maka sebagian iklan tidak perlu lagi menampakkan dirinya di layar komputer. Sehingga dalam kesimpulan saya, meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan internet.

Ekstensi kedua adalah flashgot. Ketika berselancar, saya sering mengambil berbagai file untuk disimpan di dalam harddisk komputer. Nah dengan flashgot, kita dapat langsung memberikan link yang akan didownload ke program download manager. Jika anda adalah "pengunduh sejati" (apa pula ini) maka firefox harus ditambahkan dengan ekstensi ini.

Bagi yang biasa menulis kode-kode HTML untuk membuat situs, maka HTML Validator akan sangat membantu. Ekstensi ini akan memeriksa dokumen HTML yang sedang dilihat pada firefox, dan menampilkan pesan tentang kesalahan yang mungkin terdapat dalam dokumen HTML tersebut. Ekstensi ini berukuran sekitar 600 KB. Lebih besar dibanding 2 ekstensi di atas yang tidak lebih dari 100 KB.

Pasangan yang cocok untuk ekstensi HTML Validator adalah ColorZilla. Dengan ekstensi ini, maka firefox ditambah dengan fungsi untuk mendapatkan kode warna yang ada di layar firefox. Atau juga memilih warna dari tabel warna yang tersedia. Jadi tidak lagi repot mencari kode untuk warna yang diperlukan. Dengan ekstensi ini halaman yang sedang dilihat bahkan bisa di-zoom sampai 1000%.

Anda memerlukan berita-berita terbaru dari sejumlah situs berita, atau situs lainnya yang sudah menyediakan RSS? Ekstensi Sage akan memberikan kemudahan untuk kita. Kita dapat menentukan alamat RSS feed yang kita perlukan, setelah itu dengan mudah di halaman akan tersaji isi dari RSS tersebut.

Kalau dianggap ekstensi di atas memiliki nuansa serius, jangan kecewa. Ada juga yang menyediakan ekstensi dengan rasa humor Ekstensi Firesomething bisa menampilkan nama yang aneh-aneh di titlebar firefox setiap kali dibuka. Bisa jadi ide ini berasal dari seringnya webbrowser ini berganti nama sampai akhirnya memilih firefox.

Nah, anda masih merasa kurang? Silahkan kunjungi addons.mozilla.org, dan tentukan sendiri ekstensi yang akan memperkaya webbrowser firefox yang anda gunakan. Hati-hati, menambahkan ekstensi pada firefox bisa menimbulkan kecanduan :)