Artikel ini dapat digunakan, disalin, dan disebarluaskan. Cukup cantumkan sumber asli. Jika isinya mengandung kebenaran, semoga memberi kebaikan bagi kita yang memanfaatkannya. Jika ada yang salah, mohon kiranya penulis dimaafkan. Dan sangat baik, jika kesalahan tersebut dapat diberitahukan kepada penulis.
Yanmarshus, 18 April 2007, yan[at]daunsalam[dot]net

atc : "old school game"

Judulnya memang bermaksud untuk gaya-gaya-an :)
atc adalah singkatan dari air traffic controller. Dan atc yang disini adalah sebuah game yang merupakan bagian dari BSDGames. Game ini berupa simulasi. Kita seolah-olah menjadi seorang yang bertugas mengatur lalu lintas pesawat yang terdeteksi dalam layar radar. Tugasnya sederhana. Mengarahkan pilot pesawat sesuai tujuan pesawat bersangkutan. Jika ada pesawat yang salah arah, atau mendarat tidak pada tempatnya, maka permainan ini berakhir.

Jika dalam tugas atc yang sebenarnya, komunikasi dilakukan dengan peralatan radio, dan disampaikan dalam bahasa lisan, maka dalam game ini, instruksi yang disampaikan pada pilot pesawat melalui sejumlah perintah yang ditulis. Game ini berjalan dalam mode konsol. Tampilan yang kita lihat di layar menggunakan karakter. Screenshot game ini bisa dilihat pada gambar berikut :

Keterangan

Ada beberapa bagian dalam tampilan game ini.
Radar Merupakan tampilan utama dari radar. Dalam radar terlihat sejumlah objek, seperti pesawat, airport, exit point, dan beacon. Dari tampilan radar inilah kita bisa melihat situasi lalu lintas pesawat.
Information Area Menampilkan sejumlah informasi. Berada di bagian kanan atas. Paling atas menampilkan waktu permainan, dan jumlah pesawat yang sudah berhasil "diselamatkan" sesuai tujuan. Kemudian di bawahnya ada daftar pesawat dan tujuannya.
Input Area Adalah tempat mengetikkan perintah yang akan ditujukan pada pesawat tertentu. Bagian ini berada di bawah radar.

Ketika awal permainan, biasanya belum ada pesawat yang tampil di radar. Sesaat kemudian akan muncul pesawat pertama yang memasuki area radar. Pesawat ini akan ditampilkan dalam daftar di sebelah kanan, dalam bentuk

a7 E3
Daftar pesawat ini yang memberi informasi pada pemain untuk menentukan perintah apa yang akan diberikan pada pesawat tersebut. Pada contoh di atas, artinya, pesawat a dengan ketinggian 7000 kaki. Pesawat ini akan menuju ke exit point E3. a7 adalah informasi kode pesawat dan ketinggiannya. a7 artinya pesawat dengan kode a, dan ketinggian 7000 kaki. Sedangkan E3 adalah tujuan pesawat, yaitu exit point nomor 3.

Setiap pesawat memiliki satu kode menggunakan karakter A sampai Z. Jika menggunakan huruf kapital (A-Z) menunjukkan pesawat propeler, sedangkan kode pesawat dengan huruf kecil (a-z) adalah pesawat jet. Pesawat jet memiliki kecepatan lebih tinggi dari pesawat propeler. Kemudian satu kode pesawat diiringi dengan kode ketinggian. Contoh : B7 artinya pesawat propeler berkode B dengan ketinggian 7000 kaki.

Exit point selalu berada di garis pinggir radar. Exit point menggunakan kode angka. Kode E3 artinya exit point nomor 3. Airport juga menggunakan kode angka, namun disertai sebuah tanda (^,V,<,>). Tanda (^,V,<,>) menunjukkan arah pesawat jika lepas landas dari airport ini. Kode ^2 artinya airport nomor 2 dengan arah lepas landas ke utara. Beacon juga menggunakan kode angka yang disertai dengan tanda *. Kode *1 artinya beacon nomor 1.

Ada sejumlah perintah yang bisa diberikan pada pesawat. Misalnya menentukan arah dan menentukan ketinggian. Contoh perintah yang diberikan seperti berikut ini :

aa9       (pesawat a ke ketinggian 9000 kaki)
mtq       (pesawat m ke arah 315)
dtwab2    (pesawat d ke arah utara pada beacon nomor 2)

Untuk keterangan lengkap tentang game atc ini, tinggal lihat manual dengan perintah man atc. Informasi tentang perintah yang bisa diberikan, dan keterangan lengkap permainan ini sudah ada pada halaman manual tersebut.

Dengan perintah-perintah seperti inilah kita bisa mengatur lalu lintas pesawat yang ada dalam radar permainan ini. Selama tidak ada pesawat yang salah arah atau salah dalam pendaratan, maka simulasi akan berjalan terus. Makin banyak pesawat yang bisa "diselamatkan", dan makin panjang waktu bermain anda, kemungkinan anda cocok untuk bekerja di menara atc :)